Senin, 22 Oktober 2012

NILAI INFORMASI DALAM SITEM INFORMASI MANAJEMEN

NILAI INFORMASI

Terdiri dari 5 macam Nilai informasi yaitu ;
  1. Ketelitian (accuracy)
  2. Ketepatan waktu (timelines)
  3. Kelengkapan (complete)
  4. Keringkasan
  5. Kesesuaian
 Kita ambil contoh ke 5 nilai informasi di atas dengan keterkaitannya dalam lingkungan kerja saya.

kebetulan saya bekerja di bagian Ticketing Office di bidang jasa perjalanan udara untuk lebih jelas mari kita simak contohnya :

1. Ketelitian.

di dalam ticketing oofice kita perlu ketelitian dalam memasukan data reservasi pada tiket penumpang  yang akan terbang. kebetulan di perusahaan kami sudah ada sistem komputerisasi jadi kita dapat dengan mudah memasukan data tiket ke dalam komputer/sistem kami , tetapi kita harus tetap teliti agar tidak terjadi miss pada saat tiket itu kita buat karena akan terjadi kesalahan fatal dan akan berakibat buruk pelayanan kami terhadap penumpang.

2.Ketepatan Waktu

ketepatan waktu juga bisa dikaitkan dalam bidang saya sebagai tiketing office yaitu pada saat akan memberikan informasi jadwal keberangkatan pesawat terbang . didalam dunia penerbangan ada istilah yang di sebut dengan delayed yaitu yang berarti keterlambatan penerbangan pesawat. kami sebagai petugas wajib memberikan informasi kepada penumpang untuk keterlambatan pesawat kami. selain delayed ada lagi yang di sebut dengan check-in . chek-in merupakan proses dimana penumpang akan mendapatkan boarding pass atau tempat duduk di pesawat dan waktu check-in itu dan waktu check-in itu adalah satu jam sebelum keberangkatan jika lebih dari itu maka penumpang tidak dapat terbang. oleh karena itu ketetepatan aktu juga sangat penting .

3. Kelengkapan.

pada saat penumpang melakukan reservasi dan check-in penumpang wajib memenuhi kelengkapan data-data yaitu kartu identitas . karena nama di tiket harus sama dengan kartu identitas.

4.Keringkasan

keringkasan pembuatan tiket sanagat ringkas sehingga memudahkan penumpang untuk berpergian dengan tenang , karena sistem tiketkami sudah menggunakan komputerisasi atu yang di sebut elektronik tiket jika suatu saat penumpang kehilangan tiket elektroniknya dapat meminta nya kembali kepada petugas tiketing offfice dengan cara print ulang tiket penumpang tersebut. proses ini sanagat ringkas dan cepat.

5. Kesesuaian.

pada saat check-in petugas kami wajib memeriksa kesesuaian nama tiket dengan kartu identitas penumpang.untuk itu kami selalu memintakan kartu identitas penumpang pada saat proses pembuatan tiket agar pada saat penumpang check-in sesuai dengan di tiket.

sekian penjelasan yang saya buat untuk keterkaitannya nilai informasi dengan bidang kerja yang saya lakoni sekarang.




1 komentar:

  1. ijin bookmark yah, bahan tugas..

    https://sisteminformasi-rhj.blogspot.co.id/

    BalasHapus