Sabtu, 20 Oktober 2012

CONTOH SISTEM TPS, DSS ,DAN EIS DI DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

KETERKAITANNYA SISTEM TPS, DSS dan EIS DI DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

 Perkenalkan terlebih dahulu saya Alvian wijaya saya merupakan pegawai dari salah satu perusahaan BUMN yaitu PT.Merpati Nusantara Airlines. Saya menjabat sebagai salah satu staff di bagian Ticketing Office, saya akan menjelaskan Ketiga system ini saling berkaitan satu sama lainnya :

Kita ambil contoh

  • TPS (Transaction Processing System ) 
TPS adalah sistem informasi yang terkompeterisasi yang di kembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin. Merupakan sistem tanpa batas untuki memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan external , manajer melihat data-data yang di hasilkan oleh TPS untuk memperbarui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar tanpa interupsi sama sekali. TPS berkembang dari sytem informasi manual menjadi sistem proses menggunakan bantuan mesin  menjadi data elektronik dari TPS dapat menghasilkan data hasil transaksi bisnis seperti penjualan , pembelian dan perubahan persedian.
dari keterangan di atas kita dapat mengambil salah satu contoh di perusahaan kami yang bergerak di bidanga jasa angkutan udara. slah satu TPS yaitu seorang pegawai ticketing yaitu dengan cara dia berinteraksi langsung dengan para konsumen dengan cara menawarkan perjalanan ke kota tujuan yang di inginkan konsumen dengan menggunakan pesawat terbang . denagan cara membuatkannya di dalam suatu sytem elektronik dan akan menghasilkan sebuah tiket elektronik dan siap untuk di pakai untuk terbang tentu saja dengan ada harga di sana shingga dapat menghasilkan provit terhadap sebuah perusahaan dan terjadi suatu transaksi bisnis di sana. yaitu berupa penjaualan tiket.

  • DSS (decision Support System )
DSS adalah kelas dari sistem informasi terkomputerisasi yang mendukung aktivitas dari TPS di dalam DSS aktivitas pengambialn keputusan untuk teknologi komunikasi data , dokumen , pengetahuan dan model proses mengambil keputusan untuk menyelesaikan tugas atau kndala dalam sebuah sytem.. aplikasi ini di dukung oleh model campuran , analisis data, dan antarmuka kuat. DSS dalam mengambil keputusan di dalam lingkungan TPS dan dapat mengevaluasi pada keputusan yang optimal , jiak ada kasus mereka hanya dapat dalam kasus-kasus yang terbatas.
contoh di dalam perusahaan kami : DSS sama denagan Supervisor posisi ini diatas staff supervisor ini bertugas mencari para pembeli/konsumen ataupun relasi untuk dapat menggunakan jasa penerbanagan yang kami tawarkan dan juga sebagai otak dari penjualan untuk melakukan promosi agar jasa yang kami tawarkan dapat laku dan terpublish di masyarakat. Selain media untuk promosi Supervisor juga dapat di gunakan sebagai pengambil keputusan yang bertanggung jawab setelah manager. Jadi ruag lingkup supervisor terbatas hanya mencakup pada bagian staff (TPS) saja.

  • EIS (Executive Information Sytem ) 
Merupakan sistem computer -based dalam mengakses data dan informasi untuk menegetahui suatu permasalahan , meneliti, solusi yang akan di berikan kepada TPS dan EIS denagan EIS kita dapat menganalisa
  1. PEMESANAN
  2. PEMBAYARAN BIAYA DAN KERUGIAN
  3. RISK MANAGEMENT ISSUES
  4. DETAIL KERUGIAN
  5. CASELOADS
  6. DATA AKTUAL
-->
Manfaat :
1. Membangun analisa logis, presentasi grafis, dan pengkonfigurasian dashboards yang mengeliminasi kebutuhan bagi pengguna untuk mendapatkan pengertian yang detail representasi statistikal
2. Kemampuan tailor reports untuk key issues untuk trends monitoring
3. Mengijinkan organisasi untuk berusahan memperbaiki kualitas dari area permasalahan
4. Mendukung analisa dari kerugian dan data klinis
5. Mengidentifikasi menejemen risiko
6. Merekam informasi finansial

Contoh di dalam perusahaan kami :

EIS kami sebut sebagai manager yaitu kepala dari staff dan supervisor mangaer berhak mengetahui semua kegiatan di dalam perusahaan dari mulai staff sampai supervisor dan dapat mengendalikan dan memegang komando untuk melakukan sebuah tindakan dan wacana untuk memajukan perusahaan . Dan bertanggung jawab atas sebuah perusahaan yang di pimpinnya selain perusahaan manager juga bertanggung jawab terhadap pegawainya termasuk staff beserta supervisornya.

Dari keterangan yang saya simpulkan di atas Sebuah Organisasi pasti terdapat TPS, DSS DAN EIS dan kesemuanya itu sangat berkesinambungan satu sama lain jika salah satu dari ketiga itu bermasalah maka akan berakibat pada sytem informasinya begitupun jika di kaitkan denagn sebuah perusahaan maka perusahaan akan mengalami maslah dan berujung kerugian. Oleh karena itu jika ingin terus maju dan berhasil kita dapat menggunakan sistem ini denahan sebaik-baiknya.

Demikian penjelasan yang saya berikan semoga bermanfaat. 

3 komentar: